Review Xiaomi Redmi 9A

 41x dibaca

Xiaomi Redmi 9A

Xiaomi nampaknya sedang gencar merilis produk ponsel mereka, setelah meluncurkan beberapa ponsel mereka pada bulan Juli 2020 kemarin, Xiaomi kembali merilis produk terbaru mereka yang diberi nama Xiaomi Redmi 9A.

Ponsel ini hadir untuk menyasar segmen entry level dengan membawa beberapa penawaran menarik salah satunya adalah pada bagian harga. Ponsel ini dibandrol dengan harga 1,2 jutaan untuk varian RAM 2GB/32GB dan 1,3 jutaan untuk varian RAM 3GB/32GB.

Apakah Xiaomi Redmi 9A ini termasuk ponsel yang worth it dikelas entry level? Simak review kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Review Xiaomi Redmi 9A

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 9A

Harga
  • Rp 1.199.000 (2GB+32GB)
  • 3GB+32GB (Rp 1.299.000)
Desain
  • Dimensi: 164.9 x 77 x 9 mm
  • Berat: 196 gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Granite Grey, Sky Blue, Peacock Green
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.53 inci
  • Resolusi: 720 x 1600 HD+
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 269 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
Hardware
  • Chipset: MediaTek Helio G25
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD (hingga 512 GB)
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: MIUI 12
Kamera Belakang
Kamera Depan
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 5000 mAh
  • Pengisian: 10 W
Slot Kartu3 slot kartu (nano SIM + nano SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity
* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 9A hadir dengan sistem operasi Android 10 dengan MIUI 12. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi pengguna mengingat ponsel ini merupakan ponsel murah namun pengguna dapat merasakan fitur terbaru dari MUI 12.

Desain

Salah satu hal yang menarik dari ponsel ini adalah pada bagian desain, ponsel ini memiliki dimensi 164.9 x 77 x 9 mm sehingga ponsel ini memiliki ukuruan lebih besar dari pendahulunya yakni Redmi 8A. Ponsel ini memilik 3 varian warna yakni granite grey, sky blue dan peacock green.

Pada bagian depan dari Redmi 9A ini terdapat layar lebar berukuran 6.53 inci dengan kamera selfi yang berada di bagian atas dengan desain drop dot. Sedangkan pada bagian belakang terdapat satu buah kamera, LED flash dan backdoor yang memiliki tekstur bergaris yang berbahan plastik.

Pada sisi kanan frame terdapat tombol power dan volume, terdapat lubang jack audio 3.5mm pada bagian atas dan terdapat SIM tray pada bagian kiri frame. Sementara pada bagian bawah terdapat speaker, lubang mic dan port micro USB.

Meskipun material yang digunakan untuk frame dan backdoor adalah plastik, namun ponsel ini terasa solid saat digenggam.

Layar

Ponsel ini menggunakan layar ber-panel IPS dengan ukuran yang cukup luas yakni 6.53 inci HD+. Layar pada ponsel memiliki resolusi 720 x 1600 pixel dengan kerapatan~269 ppi, menurut klaim Xiaomi layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Hardware

Xiaomi Redmi 9A dibekali chipset MediaTek Helio G25 (12 nm) dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320. Helio G25 adalah prosesor terbaru dari MediaTek, prosesor ini adalah kelas terbawah dari prosesor di seri G. Namun, meskipun tergolong chipset kelas rendah, MediaTek Helio G25 pada ponsel ini masih mampu menjalankan tugas yang diberikan dengan baik.

Sementara untuk RAM pada ponsel ini tersedia dua pilihan yakni RAM 2GB atau RAM 3GB.

Baterai

Xiaomi Redmi 9A dibekali baterai besar berkapasitas 5000 mAh, dengan kapasitas tersebut ponsel ini mampu bertahan seharian lebih pada pemakaian normal. Ponsel ini tidak mendukung fitur pengisian cepat, hal tersebut wajar mengingat ponsel ini hanya dijual satu jutaan saja.

Namun salah satu hal yang disayangkan adalah port yang digunakan untuk pengisian daya masih menggunakan micro USB, belum USB-C.

Kamera

Xiaomi Redmi 9A hadir dengan satu kamera belakang dan satu kamera depan. Untuk kamera belakang memiliki resolusi 13MP dan 5MP untuk kamera depan.

Untuk foto yang dihasilkan dari lensa 13MP f/1.2 pada kamera belakang terbilang bagus. Dengan adanya fitur PDAF (Phase detection autofocus) membuat kamera belakang ini lebih cepat mendapatkan titik fokus dan dapat memperoleh hasil foto yang lebih tajam. Sedangkan pada kamera depan/selfie biasa saja, sama seperti kamera selfi di kelas entry level lainnya.

Dari segi perekaman video, baik kamera depan maupun belakang mampu merekam video pada resolusi FullHD [email protected]

Slot Kartu

Xiaomi Redmi 9A menyediakan 3 slot kartu pada ponsel ini, dimana dua slot dapat Anda gunakan untuk kartu SIM dan satu slot untuk memori eksternal. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena Anda dapat menambah kapasitas penyimpanan tanpa mengorbankan salah satu dari kartu SIM Anda.

Keamanan

Karena tidak adanya sensor sidik jari, Xiaomi Redmi 9A membawa fitur face unlock sebagai sensor keamanan, dengan fitur ini Anda dapat membuka kunci ponsel Anda dengan mengarahkan wajah Anda ke kamera depan ponsel. Akurasi dan kecepatan terbilang cepat di kelas ponsel satu jutaan.

Performa

Dengan chipset Mediatek Helio G25 dengan RAM 2GB atau 3GB, apakah ponsel ini mampu menjalankan game kekinian? Jawabannya bisa, tentu dengan beberapa catatan.

Hasil pengujian dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, ponsel ini mampu memperoleh skor dikisaran 89.000-an. Untuk menjalankan game PUBG Mobile, Xiaomi Redmi 9A ini mampu memperoleh setingan grafik Smooth-Medium atau Balance Medium. Sedangkankan untuk game Mobile Legends ponsel mampu menjalankan setingan grafik Tinggi dan juga sudah mendukung mode HFR (High Frame Rate),

Sebagai catatan bahwa dalam menjalankan game tidak akan mulus 100% tentu akan ada frame drop atau patah-patah pada kondisi terentu.

Kesimpulan

Ponsel ini memiliki keunggulan pada sektor baterai yang memiliki kapasitas besar sehingga mampu bertahan lama. Selain itu layar pada ponsel ini juga menjadi kelebihan, karena ukurannya yang cukup besar. Bermain game juga masih bisa dilakukan dengan ponsel ini meskipun setingan grafik yang didapat adalah setingan rata kiri (rendah).

Jadi untuk siapakah ponsel ini? Menurut kami ponsel ini cocok untuk anak-anak yang suka bermain game tanpa mempedulikan performa dan fitur macam-macam, selain itu ponsel ini juga cocok bagi orang tua yang butuh smartphone murah dengan layar yang lebar dan baterai yang awet.

Sehingga menurut kami, Xiaomi Redmi 9A merupakan salah satu pilihan yang tepat jika Anda mencari ponsel di harga satu jutaan.

Review Lainnya:
Artikel Terkait:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *