Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro

 733x dibaca

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Xiaomi merupakan produsen ponsel dari China yang telah meluncurkan banyak ponsel buatannya, mulai dari kelas entry level hingga flagship. Ponsel buatan Xiaomi dikenal d murah namun memiliki spesifikasi yang bagus, maka tak heran muncul jargon “mending Xiaomi” dari Fans mereka.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro adalah penerus dari generasi sebelumnya, yaitu Redmi Note 8 Pro. Ponsel ini resmi dirilis di pasar Indonesia pada bulan Mei 2020 kemarin. Banyak yang menyebut bahwa ponsel ini merupakan ponsel yang sangat worth it di kelas high end.

Ponsel ini dijual dipasaran dengan harga 3,4 Juta untuk varian 6/64GB dan 3.8 Juta untuk varian 8/128GB.

Se-worth it apa sih Redmi Note 9 Pro ini? Simak review kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Harga
  • Rp 3.399.000 (6GB+64GB)
  • Rp 3.799.000 (8GB+128GB)
Desain
  • Dimensi: 165.8 x 76.7 x 8.8 mm
  • Berat: 209 gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Glacier White, Interstellar Grey, Tropical Green
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.67 inci
  • Resolusi: 1080 x 2400 FHD+
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 395 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 5
Hardware
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold + 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (hingga 512GB)
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: MIUI 11
Kamera Belakang
  • Resolusi: 64 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 5 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 4K@30fps, 1080p@30fps, 1080p@60fps, 720p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 16 MP
  • Fitur: HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 5020 mAh
  • Pengisian: Fast charging 30 W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, USB On-The-Go, GPS
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Desain

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Salah satu hal yang menarik dari ponsel ini adalah desainnya. Pada bagian depan ponsel kita disuguhkan dengan tampilan layar full dengan frame yang sangat tipis, terdapat juga satu kamera yang menyatu dengan layar.

Pada bagian belakang ponsel ini terdapat 4 kamera dengan desain kotak, desain tersebut mirip dengan desain kamera pada Huawei Mate 20 Pro. Pada bagian belakang ponsel juga terdapat Backdoor yang terbuat dari bahan kaca dengan Corning gorilla glass 5.

Dibagian kanan frame terdapat tombol volume dan tombol power yang mana tombol power ini menyatu dengan sensor sidik jari. Pada bagian kiri terdapat slot SIM card dan memori eksternal. Terdapat lubang mic dan infrared blaster pada bagian atas ponsel, sedangkan pada bagian bawah terdapat speaker, lubang mic, lubang audio jack 3,5 mm dan port USB Type C.

Sangat disayangkan material yang digunakan untuk frame ponsel ini masih terbuat dari plastik.

Layar

Layar Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Xiaomi Redmi Note 9 Pro memiliki layar dengan ukuran yang cukup luas yakni sebesar 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixels (395 ppi), layar ponsel ini menggunakan rasio 20:9 yang mana telah dilindungi dengan corning gorilla glass 5. Sementara untuk panel layar yang digunakan pada ponsel ini adalah IPS LCD.

Layar pada ponsel ini memang bukanlah layar terbaik yang memiliki panel Super Amoled atau memiliki refresh rate yang tinggi. Namun kami rasa layar pada ponsel ini sudah cukup bagus di harga 3 jutaan mengingat ada part lain yang lebih unggul dibanding ponsel lain.

Sistem Operasi

Siste -Operasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Xiaomi Redmi Note 9 Pro menggunakan sistem operasi Android 10 dengan MIUI 11. Seperti kita tahu bahwa MIUI 11 sistem operasi yang dikembangkan oleh pihak Xiaomi untuk ponsel buatan mereka.

MIUI 11 hadir dengan tampilan antar muka yang lebih fresh dan tersedia juga fitur menarik diantaranya adalah Fitur Dark Mode, Management Screenshot, Tampilan Icon Baru, Living Display, Bisa Hilangkan Notch, Fitur Monochrome Power Saving dan lainnya.

Dan satu hal menarik lagi, Redmi Note 9 Pro juga masuk ke dalam daftar ponsel yang akan menerima update MIUI 12.

Hardware

Hardware Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 9 yang menggunakan chipset MediaTek Helio G8, Note 9 Pro ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm). Chipset ini merupakan chipset terbaru keluaran Snapdragon yang memiliki keunggulan dalam menjalankan game-game berat dengan lancar. Selain itu chipset Snapdragon terkenal karena memiliki keunggulan dalam prosesing gambar.

Perpaduan antara Chipset Snapdragon 720G dengan CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan GPU Adreno 618 pada ponsel ini tentu akan menghasilkan performa yang baik dalam hal multi tasking.

Untuk RAM dan internal storage Redmi Note 9 ini memiliki dua varian yakni varian 6GB RAM dengan 64GB memory internal dan varian 8GB RAM dengan 128GB memori internal. Tersedia juga slot memory eksternal yang mampu menampung hingga kapasitas 512GB.

Baterai

Baterai Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Salah satu keunggulan dari ponsel ini terletak pada kapasitas baterai yang digunakan yakni sebesar 5020 mAh berjenis Li-Po non-removable. Redmi Note 9 Pro ini juga sudah mendukung pengisian cepat atau fast charging 30W.

Dengan kepala charging bawaan yang memiliki kapasitas 30W, ponsel ini mampu mengisi baterai dari 5% hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Tentu hasil ini sangat memuaskan untuk ponsel kelas menengah.

Apakah baterai pada ponsel ini awet?

Berkat chipset Snapdragon 720G (8nm) dipadukan dengan baterai besar berkapasitas 5020 mAh, tentu baterai ponsel ini dapat bertahan lama. Melalui uji coba yang kami lakukan, Redmi Note 9 Pro ini dapat bertahan seharian dengan screen on time hingga 8 jam pada pemakaian yang cukup intens, seperti nonton YouTube dan bermain game.

Kamera

Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini mengusung Quad Camera pada bagian belakang dengan resolusi 64 MP (kamera utama), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), AF, 2 MP(depth). Sedangkan pada bagian depan terdapat satu kamera selfi dengan resolusi 16 MP.

Hasil kamera utama 64MP dari ponsel ini lumayan bagus, pada kondisi cahaya yang cukup warna yang dihasilkan dari kamera utama ini cukup natural dengan detail yang oke. Pada kamera utama ini juga terdapat fitur night mode yang mampu membuat foto pada kondisi low light (minim cahaya) menjadi lebih terang dan detail.

Untuk hasil kamera ultrawide ponsel ini strandar saja, pada kondisi cahaya yang cukup masih terbilang oke meskipun hasil tidak seterang kamera utama. Nah yang menurut kami kurang menarik adalah hasil foto pada kondisi low light, tidak adanya fitur nigh mode pada kamera ultrawide ini membuat gambar kehilangan ketajaman dan noise yang lumayan terasa.

Kamera potrait dan macro pada ponsel ini biasa saja tidak ada yang menarik, hasilnya kurang lebih sama dengan hasil kamera pada ponsel lain di kelas menengah.

Pada kamera depan Remi Note 9 Pro ini mempunyai hasil yang lumayan bagus skin tone yang natural, bokeh yang rapi dan detail lumayan tajam. Tersedia juga fitur HDR yang dapat Anda aktifkan pada kondisi tertentu agar warna dari foto Anda lebih kaya.

Dari segi perekaman video, kamera belakang 48MP-nya mampu merekam video dengan resolusi 4K 30p namun hasilnya tidak bisa stabil, fitur EIS (electronics image stabilization) akan aktif jika Anda menurunkan resolusi menjadi FHD 1080 sehingga hasil video bisa lebih stabil.

Kamera depan dari ponsel ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p 30 fps. Namun tidak adanya fitur EIS (electronics image stabilization) membuat hasil video tidak bisa stabil, untuk mendapatkan video yang stabil Anda perlu alat tambahan seperti gimbal.

Slot Kartu

Slot Kartu Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Xiaomi Redmi Note 9 Pro memiliki 3 slot kartu, 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot memori eksternal. Dengan adanya slot khusus untuk memori external, Anda tidak perlu mengorbankan SIM 2 Anda jika ingin menambah kapasitas memori.

Untuk kapasitas memori external, ponsel ini dapat menapung hingga 512GB.

Keamanan

Keamanan Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Pada bagian keamanan Redmi Note 9 Pro membawa 2 sensor yang dapat Anda gunakan yakni Fingerprint scanner dan Face Unlock.

Sensor sidik jari atau fingerprint scanner terletak pada bagian kanan ponsel menjadi satu dengan tombol power, untuk akurasi dan kecepatan terbilang cukup cepat.

Sedangkan Face Unlock pada ponsel ini menyatu dengan kamera depan. Sensor pengenal wajah pada ponsel ini terbilang cukup cepat dalam mengenali wajah.

Performa

Di kelas menengah Redmi Note 9 Pro hadir dengan hardware yang cukup lumayan terkini, tentu hal ini akan memberi dampak pada performa yang dihasilkan. Benar saja, pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark ponsel ini menghaslikan score dikisaran angka 270.000-an.

Untuk melakukan multi tasking ponsel ini mampu untuk berpindah, buka-tutup aplikasi dengan lancar. Bahkan beberapa aplikasi yang kemarin Anda buka dapat Anda buka kembali di recent app tanpa load ulang.

Untuk menjalankan game berat PUBG Mobile Redmi Note 9 Pro ini mampu mendapatkan setingan HD-High atau di Smooth-Ultra kemungkian setelah ada pembaharuan software akan mampu menghasilkan pada setingan Smooth-Extreme.

Begitu juga untuk game Mobile Legends ponsel ini juga sudah mampu berjalan pada setingan grafik high dan juga sudah mendukung high frame rates. Tentu harapannya akan ada pembaharuan sehingga dapat setingan grafik ultra, pasalnya potensi dari chipset Snapdragon 720G sangat mampu untuk menjalankan setingan tersebut.

Kesimpulan

Dengan harga 3 jutaan apakah Xiaomi Redmi Note 9 Pro worth it untuk Anda beli?

Menurut kami ponsel ini merupakan salah satu pilihan yang tepat di harga 3 jutaan, mengingat desain dan performa yang ditawarkan oleh Xiaomi jarang kita temukan pada ponsel brand lain. Menurut kami Redmi Note 9 Pro ini adalah rival Realme 6 dan Realme Narzo di kelas ponsel harga 3 jutaan.

Review Lainnya:
Komparasi:
Artikel Terkait:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *